Senin, 01 April 2013

Menjadi Pembuka Tutup Botol Yang Baik


Pembuka tutup botol? Ya, Mohon sejenak saya mengajak anda mencermati macam-macan jenis tutup botol minuman, makanan, minyak atau obat yang ada di sekitar kita. Misalnya tutup botol Sprite gelas, Sprite kaleng, Aqua botol, Aqua gelas, botol minyak telon, botol baby powder dan lain sebagainya.

Pertanyaannya adalah apakah cara membuka botol-botol tersebut sama? tentu kita sepakat bahwa cara membuka botol-botol tersebut diatas tidaklah sama. ada yang harus menggunakan alat pembuka, ada yang harus diputar searah jarum jam, ada yang cukup dengan hanya menggunakan ibu jari saja.

Lantas ada apa dengan itu semua? Begini. Kalau boleh saya mengumpamakan otak putra-putri kita dengan botol, maka putra-putri kita akan berbeda cara untuk membukanya. Putra-putri kita ternyata sangat berbeda dalam menangkap materi pembelajaran yang biasa kita sebut dengan gaya belajar. Mereka memiliki kecenderungan gaya belajar masing-masing. Ada yang harus dengan gambar-gambar, gerakan-gerakan, cerita imajinatif, game, tantangan, berkelompok dan ada yang cukup dengan sekali baca atau sekali mendengar ceramah mereka langsung dong (baca: faham).

Dulu, saya sebagai guru melakukan pembelajaran tidak memperhatikan hal-hal semacam itu. Saya selalu menggunakan satu metode andalan yang paling canggih (pada jamannya) yaitu CERAMAH ila yaumil qiyamah. Akibatnya pada post test yang saya lakukan hasilnya selalu tidak memuaskan karena yang dapat menangkap apa yang saya sampaikan adalah segelintir anak yang mempunyai gaya belajar cukup sekali baca dan cukup sekali dengar. Kebanyakan yang lain? TIDAK.

Sangat bisa dimaklumi, andaikan proses pembelajaran saya adalah proses membuka botol, maka saya menggunakan pembuka tutup botol Sprite untuk membuka seluruh macam botol yang ada. Akibatnya hanya botol-botol sejenis tutup botol Sprite yang dapat terbuka. Kebanyakan yang lain? TIDAK.

Dari situ saya beranggapan bahwa sebagai seorang guru saya harus tahu gaya belajar atau jenis tutup botol seperti apa putra-putri saya. Kemudian saya sesuaikan alat ataupun metode pembelajaran saya sehingga semua botol dapat terbuka dengan mudah dan cepat.

Semoga menginsprasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar