Rabu, 17 April 2013

Next Inspiration : Yoga Rifai Hamzah, Enterpreuner dari Bandung Euiy..

Setelah Sukses menanam benih motivasi dan inspirasi oleh Ahmad Irwiyan Haq 6 April lalu. Selasa, 16 April 2013 MI Kranji 01 kembali memantik motivasi dan inspirasi siswanya di Kelas Inspirasi dengan menghadirkan tokoh inspiratif lainnya. Yoga Rifa'i Hamzah, seorang enterpreuner yang sukses meniti karier di Teknosoft Media Jakarta.

Mas Yoga bercerita banyak hal yang menginspirasi pada siswa
Pak Yoga, begitu panggilan akrab beliau. Membuka Kelas Inspirasi dengan semangat membahana. berkenalan dengan seluruh murid satu persatu beserta cita-cita masing-masing. Ada arkeolog, arsitek, pembalap, pemain bola, bu nyai, pengarang, guru, dokter, koki, dosen, insinyur, pemain film, produser, pembuat film animasi, peneliti,arkeolog,  astronot, detektif, bos konveksi, dan ada yang hanya bercita-cita bisa ke jakarta, ada pula yang bercita-cita ingin pergi keluar negeri.

Apresiasi, do'a dan semangat tersemat di setiap perkenalan dan apapun cita-cita setiap siswa. Luar biasa, seluruh siswa dibuat mrinding olehnya.

Mas Yoga menekankan pada murid-murid untuk tidak hanya bermimpi besar tapi juga harus diiringi kebenaran dalam mengambil sikap untuk menggapai mimpi tersebut. Dalam Islam terdapat istilah "tuul amal", yaitu "panjang angan-angan" yang berbeda dengan mimpi karena mimpi harus disertai dengan sikap yang benar dan kerja keras pantang menyerah yang biasa disebut ikhtiar.

Proses mewujudkan mimpi yang benar adalah dengan proses belajar, doa, bekerja keras, pantang menyerah dan restu orang tua dan berdoa, di situlah sikap yang harus dipegang oleh para siswa, jadi mimpi dan sikap adalah satu kesatuan. tandas beliau.

Kata-kata mutiara, kalimat-kalimat motivasi dan cerita-cerita inspiratif mengalir indah penuh makna tersuguh nikmat dihadapan para calon generasi pemimpin bangsa ini. Ada yang tersenyum penuh harap, terhenyak diam punuh bayangan, menatap tajam penuh impian dan beberapa tertawa lepas penuh rasa tertantang. Para siswa menyerap habis kata demi kata, kalimat dengan kalimat dan cerita demi cerita. Sangat menginspirasi.

Tak cukup sampai disitu, tak luput beliau menuturkan pengalaman pribadi saat kecil. Dari berdagang jajan, berbakti pada orangtua hingga prestasi beliau mendapat beasiswa dari SMP hingga kuliah di Perguruan Tinggi mendapat sambutan meriah peserta kelas ispirasi. Cerita suka duka saat beliau mondok di pesantren pun melengkapi pantikan inspirasi dan motivasi seluruh murid.

Mas Yoga bersama siswa belajar membangun mimpi dan cita-cita
Hingga pada akhirnya itulah pengalaman-pengalaman yang mengantarkan beliau seperti sekarang ini. Seorang enterpreuner sukses, pekerja sosial (social worker), kontributor mosquelife, pembangun dan pengembang komunitas "Buka Hati", pembina beberapa perpustakaan berbasis komunitas di Jabotabek dan Pekalongan.

Beliau juga punya banyak kegiatan untuk advokasi, pembinaan kapasitas skill komunitas dan penyebaran pengetahuan, terutama untuk daerah kumuh, pesantren dan komunitas baca. Beliau juga biasa melakukan pelatihan berkaitan dengan literasi, bantuan kemanusiaan, pelatihan dll. yang dilakukan di seluruh Indonesia.

Terimakasih mas Yoga, semua siswa begitu terkesan, termotifasi dan terinspirasi. Ini adalah bekal awal mereka menuju kehidupan yang sebenarnya. dan yang paling penting adalah mereka belajar.

Belajar tidak sesempit menghafal setiap bab pada mata pelajaran, atau memahami setiap butir soal ujian. Namun belajar adalah bagaimana memantik diri untuk siap menghadapi masa depan. (hd)

                      _______________________________________________

Baca juga :
* Kelas Inspirasi menanamkan sejuta mimpi
* Menjadi Pembuka Botol yang Baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar